Home » , » ciri daun pohon kulim

ciri daun pohon kulim

POHON KULIM
( scorodacarpus borneensis )

siapa yang tak pernah dengar nama pohon kulim.?
 
hampir semua orang pasti pernah mendengarnya,namun tak semua orang tahu dan paham akan bagaimana bentuk apalagi ciri-ciri dari pohon ini,padahal kemasyhuran kayu kulim telah mendunia,tidak kalah dengan jenis kayu asli indonesia lainya.

nah kali ini saya akan berbagi informasi sejauh yang saya ketahui dan tambahan dari berbagai sumber lainya.

klasifikasi ilmiahnya
kerajaan : plantae
ordo: santalales
family : ocacaceae
genus : scorodocarpus becc
spesies : s.borneensis
nama daerahnya juga cukup banyak,setiap daerah hampir memiliki nama sendiri-sendiri seperti:
kayu bawang, rengon, ansaru, sinduk, ansam, cepeluk, jaui, kudur, marsindu namun pada umumnya lebih banyak yang menyebut kulim.
pohon ini banyak di temukan tumbuh di sumatera, kalimantan dan semenanjung malaysia.untuk daerah riau pohon kulim dapat di temukan di kawasan hutan lindung bukit suligi,sayangnya kawasan hutan telah rusak karena alih fungsi lahan di jadikan kebun kelapa sawit,namun aksi nyata reboisasi telah lama di lakukan khususnya di KHDTK bukit suligi (gambar cover tanaman baru di KHDTK bukit suligi),
tempat hidupnya di kawasan hutan tropis basah,dari dataran rendah sampai dataran tinggi kurang lebih pada ketinggian 600-900mdpl,pohon ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 45-60m, dan memiliki tinggi batang yang tak bercabang sampai 25m,serta diameter batang dapat lebih dari 35cm.
ciri-ciri daun:
daun-daun tunggal, tersusun dalam spiral, bertepi rata, tanpa daun penumpu, helai daun umumnya jorong lonjong, ujungnya meruncing membentuk ujung penetes ( acumen ) sepanjang 2 cm,pangkalnya membundar membentuk baji, permukaan daun bagian atas hijau mengkilap, sedangkan permukaan daun bagian bawah hijau agak pucat, memiliki pasang tulang daun sekunder berkisar 4-7 cm, tungkai daun berkisar 1-2cm, menggembung di sisi.

ciri-ciri bunga:
berupa tandan pendek di ketiak daun, berambut beludu pendek warna karat hingga kelabu, poros tandan 2- 4cm, bunga-bunga melekat sendirian atau mengelompok 2-3 kuntum, bertangkai 1,5-2mm, kelopak bunganya kecil berbentuk seperti mangkok, dengan tepi menggelombang atau bergerigi, mahkota bunga lonjong sempit, melengkung membalik ke arah luar, kekuningan, merah jambu atau putih krem, benang sari nya kuning 3-4mm, buah batu hampir bulat.

manfaaatnya cukup beragam, seperti:
pucuk daunya dapat di makan, buahnya bisa di jadikan bumbu sebagai pengganti bawang, karena buahnya memiliki kandungan anti microbial maka dapat di jadikan obat keracunan 'antiaris' (antiaris toxicaria lesch ),sedangkan manfaat kayunya jangan di ragukan lagi karena telah terbukti banyak di gunakan sebagai bahan-bahan bangunan dan furniture juga.

demikian sekelumit informasi tentang pohon kulim dari saya, semoga dapat bermanfaat.

terimakasih atas kunjungannya...
wasalam......

sumber: pengetahuan pribadi di tambah browsing khususnya dapat di sini
 

0 comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar asal dengan kata-kata yang baik dan juga tidak mengganggu kinerja blog saya...

terimakasih..

salam lestari

Powered By Blogger

lagi trend

GAHARU

Gaharu mungkin anda pernah mendengarnya tapi sebagian orang ada yang belum mengetahui Gaharu itu apa..? Gaharu adalah gumpalan berbent...

Joint blog

halaman

Powered by Blogger.